Akses tol menuju Bandara Soekarno-Hatta macet pada Selasa (10/11/2020) pagi ini.
Imbasnya, 28 jadwal penerbangan di bandara tersebut terganggu.
Melihat kondisi tersebut, lima maskapai yang beroperasi di Bandara Soekarno Hatta membebaskan biaya refund dan reschedule tiket bagi para pelanggannya.
- Garuda Indonesia
Maskapai plat merah ini membebaskan biaya penyesuaian jadwal penerbangan maupun refund tiket bagi penumpang yang terdampak kondisi kemacetan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
“Kami sepenuhnya mengerti kekhawatiran yang dialami penumpang. Untuk itu, Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu hadir bersama seluruh penumpang dengan menghadirkan sejumlah solusi bagi penumpang yang terdampak imbas kemacetan akses menuju bandara,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya, Selasa.
Citilink
Mengikuti induk perusahaannya, Citilink juga memberlakukan pembebasan biaya penyesuaian jadwal penerbangan maupun refund tiket bagi penumpang yang terdampak.
Bagi penumpang yang terdampak atas penyesuaian jadwal penerbangan ini dapat menghubungi call center Citilink di 0804 1 080808 atau live chat di www.citilink.co.id.
“Citilink berkomitmen dalam mengutamakan kenyamanan dan keamanan penumpang dengan memberikan solusi yang beragam bagi penumpang yang terdampak atas kemacetan menuju bandara,” kata Direktur Utama Citilink Juliandra.
AirAsia Indonesia
AirAsia menawarkan pilihan kompensasi bagi tamu yang tidak dapat tiba di bandara tepat waktu untuk penerbangan dengan keberangkatan dari Jakarta.
Tamu dapat memilih salah satu dari pilihan kompensasi, yakni untuk ubah jadwal atau akun kredit.
Untuk ubah jadwal, caranya pindahkan penerbangan ke tanggal lainnya sebelum 31 Desember 2020 pada rute yang sama hingga 48 jam sebelum waktu keberangkatan.
Penggantian jadwal dapat dilakukan berkali-kali tanpa biaya tambahan, dan tergantung pada ketersediaan kursi.
Untuk mengubah jadwal penerbangan, silakan berbicara dengan AVA melalui link ini dengan jadwal penerbangan baru (tanggal dan waktu)
Opsi kedua, yakni akun kredit.
Dapatkan saldo akun kredit senilai pembelian tiket sebelumnya, berlaku hingga 730 hari (2 tahun) sejak diterbitkan untuk pembelian tiket berikutnya.
Saldo dapat digunakan untuk pemesanan penerbangan dengan jadwal melebihi masa berlaku selama jadwal penerbangan yang diinginkan telah tersedia.
Akun kredit lebih cepat didapatkan dan lebih mudah digunakan untuk pemesanan tiket berikutnya.
Jika diperlukan, Anda dapat menggabungkan saldo akun kredit dengan metode pembayaran lainnya.
Untuk mendapatkan Akun Kredit, Anda dapat berbicara dengan AVA melalui https://air.asia/CA dan silakan ikuti arahan selanjutnya.
Informasi pengajuan kompensasi di atas hanya berlaku untuk pelanggan yang melakukan pemesanan melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia.
Bagi pelanggan yang memesan melalui group desk atau melalui agen perjalanan, bisa menghubungi agen pemesanan masing-masing untuk bantuan lebih lanjut.
Lion Air Group
Lion Air Group memberikan kebijakan kepada penumpang berupa pembebasan biaya untuk perubahan jadwal keberangkatan (reschedule).
Penumpang yang terdampak, dapat melakukan perubahan jadwal melalui:
Layanan pelanggan (customer service) di bandar udara
Call center 24 jam
www.lionair.co.id dan www.batikair.com
Sriwijaya Air
Maskapai Sriwijaya Air juga memberlakukan kebijakan refund dan reschedule gratis.
“Kami bebaskan biaya reschedule untuk penumpang yang kena imbas kemacetan di bandara,” ujar tim Corporate Communication Sriwijaya Air.